Categories
Perbaikan Diri

Saran Untuk Berbicara di Depan Umum

Berbicara di depan umum bukanlah sesuatu yang orang harapkan. Bahkan, berbicara di depan umum mungkin adalah satu hal yang paling ditakuti orang. Kenapa begitu? Baik Anda akan mencari tahu di artikel berikut, dan Anda akan mendapatkan tips hebat yang membantu orang mengatasi ketakutan mereka berbicara di depan umum. Baca terus untuk mendapat edukasi tentang bagaimana menjadi pembicara publik yang baik.

Saat berbicara di depan umum, pastikan bahwa apa yang Anda katakan menarik, jika tidak, Anda berisiko membuat orang lain bosan. Terlepas dari apa yang Anda katakan, itu tidak akan berjalan dengan baik jika membosankan. Latih pidato Anda pada orang yang Anda kenal untuk melihat bagaimana pesan yang Anda berikan diterima.

Ketahui lingkungan Anda. Luangkan beberapa saat ketika Anda tiba untuk berkenalan dengan lingkungan Anda. Jika Anda dapat tiba lebih awal, pergilah ke podium dan lakukan pemeriksaan suara sebelum audiens Anda tiba. Jika Anda memiliki alat bantu visual, praktikkan menggunakannya saat Anda mengorientasikan diri dengan lingkungan Anda.

Ketika Anda tiba di podium, tarik napas dalam-dalam dan libatkan hadirin dengan mata dan tersenyum. Luangkan waktu sejenak untuk menenangkan saraf Anda dan gunakan energi saraf Anda sebagai cara untuk memberi energi pada pidato Anda. Biarkan audiens Anda merasakan kegembiraan Anda untuk apa yang Anda bicarakan.

Jangan biarkan apa pun mengganggu Anda saat berbicara di depan umum. Sangat penting bahwa Anda tidak berpartisipasi dalam kegiatan seperti memutar-mutar ibu jari atau kunci gemerincing Anda. Ini akan memberi audiens gagasan bahwa Anda lebih suka melakukan sesuatu selain berbicara di sana dengan mereka.

Gunakan suara Anda yang paling kuat ketika Anda mengirimkan pesan Anda dan itu akan diterima jauh lebih baik. Orang-orang mendengarkan lebih keras orang-orang yang memiliki kepercayaan diri, dan berbicara keras akan menyampaikan pesan itu. Bahkan jika Anda tidak 100% percaya diri, tidak ada yang akan tahu bahwa jika Anda tampak berbicara.

Tidak peduli apa pun kesalahan yang Anda buat, teruskan saja. Jika Anda bingung dan mencoba kembali, Anda dapat membingungkan audiens Anda. Penonton belum melihat pidato Anda, sehingga mereka akan tetap tidak menyadari bahwa Anda melewatkan sesuatu kecuali Anda memberi tahu mereka.

Jangan mencoba menjadi orang lain saat memberikan pidato Anda. Jika Anda ingin menarik perhatian audiens, Anda tidak dapat dianggap palsu; audiens Anda tidak akan menganggap Anda serius. Jadi, dengan kata lain, hindari mengatakan hal-hal yang biasanya tidak akan Anda katakan dan jangan lakukan apa pun yang biasanya tidak Anda lakukan.

Ketahui topik Anda dengan baik. Luangkan waktu yang diperlukan untuk meneliti topik Anda dan pelajari semua yang Anda bisa. Saat menyampaikan pidato Anda, cobalah bersikap fleksibel. Izinkan peserta untuk mengajukan pertanyaan. Jika Anda tidak tahu jawabannya, beri tahu mereka bahwa Anda tidak tahu, tetapi Anda akan menemukan informasinya dan menyediakannya untuk kelompok di lain waktu.

Latih pidato Anda sesering mungkin. Ini akan memberi Anda kepercayaan diri karena Anda sangat akrab dengan materi. Meskipun menghafal pidato Anda positif, pastikan juga menyimpan catatan Anda di podium. Anda dapat menggambar bagian yang kosong dan catatan itu dapat membantu memori Anda.

Pastikan untuk melatih pidato Anda dengan baik sebelumnya. Sering-seringlah berlatih sehingga Anda dapat menyampaikan pikiran Anda secara alami dan lancar. Gunakan timer untuk menyempurnakan panjang pidato Anda. Dengan cara ini, Anda tidak akan membiarkan audiens menggantung dengan waktu luang, atau memaksa mereka untuk tinggal lebih lama dari yang mereka inginkan.

Kontak mata sangat penting selama keterlibatan berbicara di depan umum. Meskipun Anda mungkin tidak dapat melakukan kontak mata dengan setiap anggota audiens yang besar, upaya Anda tidak akan luput dari perhatian. Sebelum pidato Anda, identifikasi anggota kunci audiens dan tempat duduk yang ditugaskan, jika mungkin. Ini memungkinkan Anda untuk membuat dampak terbesar pada anggota audiens paling penting

Berlatih meditasi untuk mempersiapkan pidato Anda. Bayangkan diri Anda baik-baik saja, merasa nyaman, berbicara dengan jelas dan menikmati diri sendiri. Bayangkan audiens Anda tertarik dan menghargai apa yang Anda katakan. Ketika Anda meluangkan waktu untuk membayangkan pengalaman yang baik, Anda sangat meningkatkan peluang Anda untuk benar-benar memiliki pengalaman yang baik.

Ketika Anda berbicara dengan sekelompok besar orang, Anda membutuhkan suara yang jelas dan kuat. Siapkan air. Hindari susu dan soda sebelum pidato Anda. Minum minuman ini mempromosikan lendir. Teh panas adalah alat yang bagus untuk merelaksasi pita suara.

Menjadi pandai berbicara di depan umum itu sederhana ketika Anda memiliki saran yang bagus untuk diikuti. Anda harus mulai di suatu tempat, jadi mengapa tidak mengambil tips di artikel di atas dan memanfaatkannya dengan baik. Pada awalnya mungkin menakutkan dan sulit, tetapi setelah beberapa saat Anda akan melihat betapa lebih mudah untuk berkomunikasi di depan umum jika Anda mengikuti tips ini. Ingat semuanya di sini, dan pelajari tipsnya lagi untuk membuat berbicara di depan umum menjadi lebih mudah saat Anda mencobanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *